Musik Gereja dapat didefinisikan sebagai musik yang ditulis dengan tujuan untuk dimainkan di gereja, atau musik untuk mengiringi ibadahliturgi, atau suatu musik yang bersifat suci, seperti nyanyian yang dinyanyikan digereja. Musik atau Leitourgia yang berarti: laos(umat) dan ergon (karya). Dengan demikian, liturgi merupakan bakti dan ungkapan syukur umat.

Musik paling awal dari sinagoge didasarkan pada sistem yang sama seperti yang digunakan dalam Bait Allah di Yerusalem Menurut Mishnah, orkestra reguler terdiri dari dua belas instrumen, dan paduan suara dari dua belas penyanyi laki-laki. Sejumlah instrumen Ibrani kuno tambahan yang dikenal, meskipun mereka tidak termasuk dalam orkestra reguler Bait Allah: uggav'(seruling kecil), abbuv'(seruling buluh atau oboe seperti instrumen).



Setelah kehancuran Bait Allah dan selanjutnya diaspora dari Yahudi orang ish, musik awalnya dilarang. Kemudian, pembatasan ini akan dihapuskan. Itu adalah denganpiyyut (puisi liturgi) musik Yahudi mulai dibuat ke dalam bentuk yang pasti. The penyanyi menyanyikan piyyutim untuk melodi yang dipilih oleh penulis atau oleh dirinya sendiri, sehingga memperkenalkan melodi tetap menjadi musik synagogal. musik mungkin telah diawetkan dengan beberapa frasa dalam membaca Alkitab yang ingat lagu dari Bait Allah itu sendiri, tetapi umumnya menggemakan nada dari setiap usia dan negara mendengar di sekelilingnya, bukan hanya dalam peminjaman aktual lagu, tetapi lebih pada nada suara di mana musik lokal didasarkan.



Musik synagogal awal didasarkan pada sistem yang sama seperti yang digunakan dalam Bait Allah di Yerusalem. Menurut Talmud, Joshua ben Hananya, yang pernah bertugas di tempat kudus paduan suara Lewi, menceritakan bagaimana choristers masuk ke rumah ibadat dari orkestra oleh mezbah (Talmud, Suk. 53a), dan sebagainya berpartisipasi dalam kedua layanan.(Sumber: Wikipedia)


C            Em                 Am
Kam Yesus Tuhanku palas kegeluhenku

        C                 G
Reh aku ngadap man baNdu 

C             Em               Am
Tegulah min aku ibas ndalani geluhku 

C        G           C
Lah ola celus nahengku

Reff:
 C                    F 
Dengkehken sorangku erlebuh o Tuhan 

C                             D 
G Ngendesken pingko pingkoku
C                       F 
Alemi min salah dosangku o Tuhan 

C            G     C 
Lah atan bas kiniulin

 # 2

 C      Em                        Am
Kam Yesus Tuhanku sampati min geluhku 

C                     G
Alemi Tuhan dosangku 

C               Em                      Am
La kap terang terligen ibas adep adependu 

C            G      C
Kerina salah lepakku

 Reff: 
C                              F 
Dengkehken sorangku erlebuh o Tuhan 

C           D              G 
Ngendesken pingko pingkoku 

C                        F 
Alemi min salah dosangku o Tuhan
C       G            C 
Lah atan bas kiniulin

1 komentar: