Istilah Komputer
(Computer) diambil dari bahasa latin Computare yang berarti menghitung
( to
Computer ).
Beberapa
definisi tentang komputer :
- Menurut buku Computer Annual
(Robert H.Blissmer)
Komputer adalah suatu alat elektronika yang mampu melakukan beberapa
tugas sebagai berikut:
·
Menerima input
·
Memproses input tadi sesuai
dengan programnya
·
Menyimpan perintah-perintah dan
hasil dari pengolahan
·
Menyediakan output dalam bentuk
informasi
- Menurut buku Computer Today (Donald
H.Sanders) :
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat
dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima
dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah
pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di
memori (stored program).
- Menurut buku Computer Organization
(V.C.Hamacher, Z.G.Vranesic, S.G.Zaky)
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat
menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang
tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.
- Menurut buku Introduction To The
Computer, The Tool Of Business (William M.Fuori) :
Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat
melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika
yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan
selama pemrosesan.
Dari beberapa
definisi yang tersebut, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah
1.
Alat elektronik
2.
Dapat menerima input data
3.
Dapat mengolah data
4.
Dapat memberikan informasi
5.
Menggunakan suatu program yang
tersimpan di memori komputer (stored program).
6.
Dapat menyimpan program dan
hasil pengolahan
7.
Bekerja secara otomatis
Program adalah
kumpulan dari instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya
komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah tertentu.
PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK
Pengolahan Data
Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP) adalah pengolahan data
dengan menggunakan komputer.
Data adalah
kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan.
Data dapat
berupa angka-angka, huruf-huruf atau simbol-simbol khusus atau gabungan
darinya.
Pengolahan data
(data processing) adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih
berguna dan lebih berarti berupa informasi.
Informasi
(information) adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk
yang lebih berarti dari suatu kejadian.
Jadi PDE atau
EDP adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu
informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik yaitu komputer.
SIKLUS PENGOLAHAN DATA
Suatu proses
pengolahan data terdiri dari 3 tahapan dasar yang disebut dengan siklus
pengolahan data (data processing cycle), yaitu input, processing dan output.
SISTEM KOMPUTER
Sistem adalah
jaringan daripada elemen-elemen yang saling berhubungan, membentuk satu
kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.
Tujuan pokok
dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi, supaya
tujuan pokok tersebut terlaksana, maka harus ada elemen-elemen yang
mendukungnya. Elemen-elemen dari sistem komputer adalah software, hardware dan
brainware.
Hardware
(perangkat keras/piranti keras) adalah peralatan di sistem komputer yang secara
fisik terlihat dan dapat dijamah.
Software
(perangkat lunak/piranti lunak) adalah program yang berisi perintah-perintah
untuk melakukan pengolahan data.
Brainware adalah
manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
KEMAMPUAN KOMPUTER
Kemampuan
komputer yang paling menakjubkan adalah kecepatannya. Komputer dapat melakukan
suatu operasi dasar, seperti misalnya perhitungan pertambahan atau pengurangan,
dalam waktu yang sangat cepat, yaitu dalam satuan millisecond, microsecond,
nanosecond atau picosecond.
Kemampuan
komputer lain yang menakjubkan adalah ketepatannya. Kalau manusia lelah, maka
mentalnya akan luluh yang akan berakibat kecenderungan untuk melakukan
kesalahan. Sebaliknya karena komputer tidak mempunyai mental dan tidak mengenal
lelah maka komputer tidak akan mengalami kesalahan.
Komputer akan
mengalami kesalahan, bilamana
- komponennya rusak
- Data yang dimasukkan salah, maka
hasilnya akan salah.
Suatu istilah komputer yang cukup populer, yaitu GIGO (Garbage In
Garbage Out) yang berarti sampah yang masuk, sampah pula yang keluar. Jadi
kalau data yang dimasukkan salah, maka hasilnya akan salah. Sebaliknya bila
data yang dimasukkan benar, maka hasilnya akan benar (Gold In Gold Out), emas
yang masuk, emas pula yang keluar.
Disamping
komputer yang mempunyai kemampuan untuk beroperasi dengan cepat dan tepat, juga
mempunyai kemampuan yang lain, yaitu mempunyai ingatan (memori) yang besar.
Hal yang dibandingkan
|
Manusia
|
Komputer
|
Kecepatan
|
Relatif lambat
|
Sangat cepat
|
Ketepatan
|
Mudah salah
|
Tepat
|
Daya tahan
memproses
|
Cepat lelah
|
Tidak kenal
lelah
|
Kemampuan
mengingat
|
Kurang akurat
|
Akurat
|
Kemampuan
mengikuti perintah
|
Kurang baik
|
Baik
|
Kemampuan
berinisiatif dan beradaptasi
|
Sangat baik
|
Jelek
|
Kemampuan
membuat pertimbangan dan peramalan
|
Sangat baik
|
Jelek
|
CARA MENGUASAI KOMPUTER
Ada 3 tahapan
seseorang dapat menguasai dan menggunakan komputer dengan baik dan berhasil,
yaitu :
- Membaca buku-buku komputer.
Membaca adalah cara yang terbaik supaya anda dapat meningkatkan
pengetahuan dan memahami dunia komputer. Anda dapat membaca buku-buku teks
tentang komputer.
- Mencoba langsung pada suatu komputer.
Dengan mencoba langsung pada suatu komputer, anda akan mempunyai
pengalaman dan lebih tahu tentang apakah komputer itu sesungguhnya.
- Menulis Suatu program komputer
Setelah anda membaca buku-buku tentang komputer dan telah mencobanya
langsung sehingga sudah terbiasa dengan komputer, maka anda akan lebih tertarik
ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu ingin menulis suatu program aplikasi
sendiri.
- Komputer Generasi Pertama
(1946-1959)
Ciri-ciri Sebagai berikut :
- Komponen yang digunakan adalah
tabung hampa udara (vacumm Tube) untuk sirkuitnya.
- Program hanya dapat dibuat dengan
bahasa mesin (machine language)
- Menggunakan simpanan luar
magnetic tape dan magnetic disk
- Ukuran fisik komputer besar,
memerlukan ruangan yang luas
- Cepat panas, sehingga diperlukan
alat pendingin
- Prosesnya kurang cepat
- Simpanannya kecil
- Membutuhkan daya listrik yang
besar
- Orientasinya terutama pada
aplikasi bisnis
Contoh :
·
IBM – 650
- Komputer Generasi Kedua (1959 –
1964)
Ciri-ciri sebagai berikut :
·
Komponen yang digunakan adalah
transistor untuk sirkuitnya
·
Program dibuat dengan bahasa
tingkat tinggi (High Level Language)
·
Menggunakan simpanan luar
magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk atau disk pack
·
Ukuran fisik komputer lebih
kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama
·
Proses operasi sudah cepat,
dapat memproses jutaan operasi per-detik
·
Membutuhkan lebih sedikit daya
listrik
·
Oriesntasinya tidak hanya pada
aplikasi bisnis, tetapi juga ke aplikasi teknis
Contoh :
·
IBM – 1620
·
IBM – 1401
- Komputer Generasi Ketiga (1964 –
1970)
Ciri-ciri sebagai berikut :
·
Komponen yang digunakan adalah
IC (Integrated Circuit)
·
Peningkatan dari softwarenya
·
Lebih cepat dan lebih cepat
·
Kapasitas memori komputer lebih
besar, dapat menyimpan ratusan ribu karakter
·
Menggunakan penyimpan luar yang
sifatnya random access
·
Penggunaan listrik lebih hemat
dibandingkan komputer generasi sebelumnya
·
Memungkinkan untuk melakukan
multiprocessing dan multiprogramming
·
Harga semakin murah dibandingkan
dengan komputer generasi sebelumnya
·
Kemampuan melakukan komunikasi
data dari satu komputer dengan komputer lainnya, misalnya lewat alat komunikasi
telepon
Contoh :
·
IBM – S/370
·
UNIVAC 1106
- Komputer Generasi Keempat (1970 –
1980)
Ciri-ciri sebagai berikut :
·
Komponen yang digunakan adalah
CHIP dan Microprosesor.
·
Semua kemampuan lebih baik dari
generasi sebelum-sebelumnya.
Contoh :
·
IBM – 370
- Komputer Generasi Kelima (1980 –
sekarang)
Cirinya adalah komputer sistem window dan menggunakan mouse pada
personal computer (PC).
PENGOLAHAN DATA DENGAN
KOMPUTER
PENGERTIAN DATA DAN INFORMASI
Kegiatan
pengolahan data sudah dimulai sejak dahulu sejalan dengan perkembangan sistem
catat mencatat, yaitu disaat kegiatan manusia sudah semakin banyak sehingga
sukar bagi manusia untuk mengingatnya. Kegiatan catat mencatat ini dilakukan
diberbagai bidang pekerjaan baik oleh perorangan, perusahaan atau pemerintahan.
Dengan semakin bertambahnya jumlah dan arti Data bagi manusia maka mereka
berusaha untuk membuat alat yang dapat menggantikan manusia dalam hal
catat-mencatat atau administrasi ini.
Hal ini terjawab
oleh kemajuan teknologi manusia dengan diciptakannya KOMPUTER sebagai alat
pengganti tersebut. Kegiatan catat-mencatat inilah yang sekarang disebut orang
dengan istilah DATA PROCESSING. Pada saat ini kegiatan Data Processing ini
sudah makin luas, baik dalam kegiatan yang berorientasi kepada ilmu
pengetahuan, komersil/bisnis maupun kegiatan pemerintahan, sehingga data yang
diolahpun akan bermacam-macam jenisnya sesuai dengan bidang pekerjaan tersebut.
Data yang diolah di sini bisa berupa dokumen, surat, kata, bagan, grafik,
kondisi, situasi, ide, objek dll yang bisa kita tata. Jadi data tersebut bisa berupa kartu pegawai,
daftar mahasiswa, daftar persediaan barang, catatan pemakai listrik, daftar
penjualan barang, absensi murid dan lain sebagainya.
Dari keterangan
diatas dapat diambil kesimpulan bahwa data tersebut merupakan bahan yang akan
diolah menjadi suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih mempunyai arti.
Sedangkan informasi adalah hasil pengolahan data atau hasil proses dari data
tersebut.
Setelah
dilakukan pengolahan, maka sifat data akan berubah sehingga bertambah
kegunaannya yang dapat dipakai untuk suatu tujuan tertentu atau untuk analisis
dan pengambilan keputusan. Biasanya informasi terdiri dari “Selected Data”
yaitu data yang terpilih, tergabung dan disusun sesuai dengan kebutuhan dari
pemakai data, masalah waktu, tempat dan fungsinya.
Proses perubahan
dari data menjadi informasi merupakan fungsi utama dari pengolahan data.
PENGOLAHAN DATA DENGAN KOMPUTER
Komputer adalah
mesin pengolah data yang diciptakan manusia dengan tujuan memberikan jalan
untuk mempertinggi produktivitas.
Produktivitas
dapat ditingkatkan dalam pengertian :
- Dengan mempergunakan komputer
kesanggupan mengolah data atau memecahkan masalah akan lebih besar dengan
mutu yang lebih baik.
- Dengan mempergunakan komputer
sebagai pengolah data atau pemecahan suatu masalah dapat lebih cepat
terselesaikan
- Dengan mempergunakan komputer,
pengolahan data atau pemecahan masalah dapat dilaksanakan lebih teliti dan
lebih efektif.
Jika ditinjau
dari segi fungsionil, komputer itu bisa kita anggap sebagai pelaksana tugas,
agar pekerjaan bisa diselesaikan secara baik dan effisien, maka pengolah data
harus ada paling sedikit 3 persyaratan :
- Kumpulan data atau INPUT yang akan
diolah.
- Prosedur pengolahan atau
prosessing yang telah direncanakan.
- Hasil atau OUTPUT yang diinginkan
dan akan dipergunakan untuk melakukan tindakan-tindakan selanjutnya.
Mesin komputer
sebagai pelaksana tugas tidak jauh berbeda dengan manusia yang juga sebagai
pelaksana tugas.
Marilah kita
tinjau pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh manusia dan pelaksanaan tugas yang
dilakukan oleh komputer.
- PROBLEMA DAN DATA
Proses pelaksanaan tugas baru timbul, jika ada tugas atau ada
persoalan yang dikerjakan atau dipecahkan. Untuk pemecahan masalah tersebut
haruslah tersedia datanya.
- INSTRUKSI ATAU PROGRAM
Bagaimana pemecahan persoalan, hendak diapakan data tersebut harus
dijelaskan pada pelaksanaan tugas. Dengan perkataan lain harus ada instruksi
yang menegaskan tentang hendak diapakan data tersebut, dan bagaimana
pelaksanaan tugas pemecahan problemanya supaya diperoleh hasil yang diinginkan.
Jika si pelaksana tugas tersebut adalah komputer, maka instruksi
tersebut harus kita susun menjadi suatu PROGRAM yang disebut dalam suatu bahasa
yang dapat diterjemahkan oleh Kompilator ke dalam bahasa mesin sehingga
komputer dapat mengerti.
- BAHASA PEMROGRAMAN (PROGRAMMING
LANGUAGE)
Dalam memberikan instruksi ini haruslah disampaikan dalam suatu
bahasa. Untuk manusia sebagai pelaksana tugas, instruksi tersebut bisa kita
sampaikan dengan lisan atau dengan suatu tulisan yang bisa dimengerti oleh
pelaksana tugas tersebut.Komputer sebagai pelaksana tugas dapat menerima
instruksi dengan bahasa yang dapat dimengerti olehnya.
- ALAT PERANTARA ATAU INPUT MEDIA
Instruksi yang sudah dinyatakan dalam bahasa tersebut diatas,
haruslah disampaikan kepada pelaksana tugas melalui alat perantara (media).
Alat perantara untuk menyampaikan instruksi tersebut kepada pelaksana tugas
inilah yang dimaksud dengan MEDIA. Jika instruksi kita tuliskan pada kertas,
maka kertas tersebut kita sebut sebagai input.
- PENTERJEMAH ATAU KOMPILATOR (COMPILER)
Instruksi yang telah dinyatakan dalam bahasa dan disampaikan melalui
media input tersebut haruslah dimengerti oleh pelaksana tugas. Jika instruksi
tersebut tidak dimengerti oleh pelaksana tugas, haruslah dicarikan
penterjemahnya. Dalam bahasa komputer penterjemah ini disebut Kompilator.
Dengan adanya kompilator inilah komputer bisa mengerti akan instruksi yang kita
berikan padanya.
- LOGIKA & ARITMATIKA
Dalam memecahkan suatu problema atau masalah, maka perlu dicarikan
cara dan bagaimana jalan yang terbaik agar masalah tersebut bisa terselesaikan.
Dalam pemecahan masalah ini biasanya diperlukan suatu logika (logic) dan suatu
perhitungan-perhitungan (arithmatic) yang diperlukan.
- DAYA INGAT (MEMORY)
Logika dan perhitungan aritmatika tersebut baru dapat dimanfaatkan
dalam pemecahan masalah jika disertai dengan INGATAN yang kuat. Cara berfikir
yang logis dan daya ingat yang kuat sangat membantu dan mempermudah dalam
penyelesaian suatu tugas. Dalam bahasa komputer daya ingat ini kita sebut
MEMORI dari komputer tersebut.
- PENGALAMAN/LIBRARY
Berhasil atau tidaknya pelaksanaan tugas biasanya tergantung dari
pengalaman yang dimiliki. Pengalaman yang banyak sangat berguna dalam
penyelesaian tugas-tugas tersebut. Dalam komputer, pengalaman tersebut
dinamakan LIBRARY PROGRAM. Bagi manusia sebagai pelaksana tugas, kesanggupan
otak ini sangat terbatas, tetapi manusia dapat memanfaatkan buku-buku yang
berisikan teori yang berguna dan bermanfaat. Begitu juga dengan komputer
Library program yang besar, sangat membantu kesanggupannya dalam memecahkan
masalah.
- MEDIA OUTPUT SERTA HASIL
PEMROSESAN
Hasil yang diperoleh tergantung dari data yang tersedia untuk
diolah. Prinsip “GARBAGE IN GARBAGE OUT” berlaku, yaitu jika data yang diolah
tidak sempurna atau salah, maka hasil yang diperoleh juga tidak akan baik.
Jenis dan bentuk dari hasil ini tergantung dari keinginan si pemakai (user).
Untuk penyampaian hasil ini kepada si pemakai maka diperlukan suatu alat
perantara yaitu OUTPUT MEDIA. Output media dalam komputer bisa berupa : kertas
printer.
- KEMAMPUAN MENGKOORDINASI DAN
SISTEM OPERASI
Seperti kita ketahui bahwa kita sebagai unit pelaksana tugas,
tidaklah bisa mengerjakan seluruh tugas tersebut dengan sendiri-sendiri.
Biasanya pekerjaan tugas tersebut terbagi-bagi dengan unit lain yang
berhubungan satu dengan lainnya. Jika kita tidak bisa mengkoordinasikan seluruh
unit ini dengan baik, maka kita tidak bisa mengharapkan suatu hasil yang baik
pula. Jadi dalam pelaksanaan tugas tersebut atau tidaknya kita dalam pemecahan
suatu masalah adalah tergantung dari kemampuan kita dalam mengkoordinasikan
baik petugas pelaksana, peralatan serta hal-hal lainnya yang berhubungan dengan
pelaksanaan tersebut. Pada komputer kemampuan untuk mengkoordinasikan ini kita
sebut dengan OPERATING SYSTEM.
Operating system inilah yang akan mengkoordinasikan seluruh
peralatan atau device yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari suatu sistem
komputer.
Suatu sistem
komputer adalah merupakan gabungan dari beberapa peralatan komputer yang saling
berhubungan dan terkoordinasikan oleh suatu sistem operasi. Sistem komputer
bekerja sesuai dengan instruksi-instruksi yang diberikan padanya melalui Bahasa
Pemrograman yang dikenalnya. Dalam suatu sistem komputer terdapat
bagian/peralatan untuk menerima dan memasukkan data dan instruksi. Alat ini
kita sebut INPUT DEVICE. Data yang dimasukkan melalui input device ini akan
ditampung dalam suatu peralatan komputer yang disebut memory atau storage. Data
yang telah berada dalam storage akan dimasukkan oleh suatu bagian komputer yang
kita sebut CPU (Central Processing Unit). CPU ini terdiri dari Control Unit dan
Arithmatic Logical Unit.
Proses data
serta perhitungan-perhitungan dilakukan oleh arithmatic logical unit sesuai
dengan instruksi yang kita berikan dalam bahasa pemrograman. Setelah proses dan
perhitungan dilakukan, maka selanjutnya akan dikeluarkan melalui OUTPUT DEVICE.
MENGENAL PERANGKAT KERAS
(HARDWARE) KOMPUTER
Sebagaimana kita
ketahui bahwa komputer adalah serangkaian peralatan elektronika yang
bergabung/terpadu dan bekerja secara bermacam-macam serta terkoordinasi oleh
suatu sistem operasi.
Seperangkat
alat-alat elektronika ini adalah berupa mesin-mesin/komponen-komponen yang
secara lahiriah ada dan bisa dilihat, peralatan-peralatan/komponen-komponen
inilah yang kita sebut dengan ‘COMPUTER HEARD-WERE’.
Pada umumnya
suatu kesatuan peralatan komputer haruslah terdiri minimal oleh 4 komponen
yaitu :
·
Input device
·
Storage Unit
·
CPU (Central Processing Unit)
·
Output device
Akhir-akhir ini
kemajuan teknologi yang terus berkembang dan kebutuhan orang akan informasi
juga bertambah terutama dalam hal kecepatan penyampaian informasi maka
diperlukan suatu alat/komponen lain yang bisa menyampaikan data/informasi ke
dan dari komputer kepada si pemohon secara cepat pula.
Alat ini kita
sebut dengan CCU (Communication Control Unit) yaitu suatu peralatan yang
berfungsi untuk memudahkan/memancarkan sinyal-sinyal data/perintah dari suatu
tempat ke tempat lain atau dari suatu komputer ke komputer lain dengan jarak
yang jauh sekali.
Dengan adanya
alat ini maka umumnya komputer-komputer sekarang inipun selalu melengkapi alat
ini sebagai sesatuan sistem komputernya.
Jadi komponen
yang membentuk suatu sistem komputer sekarang inipun menjadi 5 komponen yaitu :
- Input Device
- Storage Unit
- CPU
- Output device
- CCU (Communication Control Unit)
KONFIGURASI SISTEM KOMPUTER
Seperti telah
disebutkan diatas, ke 5 komponen atau peralatan itulah yang merupakan
konfigurasi dari sistem komputer.
Konfigurasi
sistem komputer tersebut kita bisa gambarkan sebagai berikut :
KETERANGAN
Data/perintah
akan masuk melalui peralatan input (input device). Data/perintah tersebut bisa
dimasukkan langsung ke peralatan input ataupun melalui CCU. Data/perintah itu
kemudian dimasukkan ke dalam memori (tempat penyimpanan) kemudian dari sini
data tersebut akan dikirim ke CPU untuk diolah dan hasil pengolah CPU ini akan
dibawa lagi ke memori. Dari memori hasil-hasil pengolahan CPU ini bisa
dikeluarkan sebagai output/hasil melalui media output (Output Device) atau
disimpan saja di memori untuk digunakan dalam proses selanjutnya.
Seluruh kegiatan
pemindahan data, perhitungan-perhitungan dan lain-lain pekerjaan yang dilakukan
oleh komponen/device-device komputer tersebut akan dikontrol oleh suatu alat
yang kita sebut dengan Control Unit.
INPUT & OUTPUT DEVICE
Input Device
adalah suatu bagian/komponen dari sistem komputer yang berfungsi untuk tempat
kita memasukkan data maupun instruksi-instruksi kepada komputer.
Data maupun
instruksi yang kita masukkan ke dalam komputer adalah data/instruksi yang masih
dalam bahasa ataupun kode-kode, sedangkan mesin komputer hanya mengenal
data/instruksi tersebut jika sudah dalam bentuk kode-kode binar (bit), jadi
agar komputer bisa mengenal data/instruksi-instruksi tersebut, alat inilah yang
akan melakukan terjemahan/konversinya.
Alat-alat Input
(Input Device) ini antara lain adalah
- Card Reader
- Magnetic Ink Character Reader
(M.I.C.R)
- Optical Character Reader (O.C.R)
Output Device
adalah suatu komponen dari sistem komputer yang berfungsi untuk tempat
mengeluarkan hasil-hasil pengolahan yang telah dilakukan oleh komputer.
Semula hasil
pengolahan komputer ini juga merupakan kode/simbol yang masih dalam bentuk kode
binar (bit), maka agar kita sebagai pemakai komputer bisa membacanya, simbol
binar itu harus dikonversikan lagi ke dalam bentuk bahasa yang kita kenal.
Output device inilah yang berfungsi melakukan tugas tersebut.
Alat-alat output
ini antara lain adalah :
- Printer
- Plotter
- Card Punch
- Dll.
Device-device
yang kita sebutkan diatas adalah device-device yang hanya berfungsi sebagai
input saja ataupun sebagai outpu saja. Ada juga device-device lain yang bisa
berfungsi sebagai input dan sekaligus berfungsi sebagai outpu, antara lain :
- Magnetic Tape Unit
- Magnetic Disk Unit
- Paper Tape Unit
- Console
- Display Unit
- Card Read Punch
- Dll
-
Internal Storage ( Primary
Storage )
-
External Storage ( Secondary
Storage )
Internal Storage
adalah storage yang terletak di dalam atau berhubungan langsung dengan Control
Processing Unit.
Storage ini
terdiri dari :
- Main Storage
- General Storage
- Control Register
- Floating Point Register
- Relocatable Control Storage
- Buffer
EXTERNAL STORAGE
External Storage
adalah storage yang terpisah atau tidak berhubungan langsung dengan CPU
misalnya Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
MEDIA PENYIMPANAN YANG MUTAKHIR
MEMORI DAN MEDIA
Pada tahap
pertama memori komputer berwujud ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Access
Memory). Kelemahannya, memori ini berbentuk chip, dan terbatas kapasitasnya.
Isi ROM memang tidak akan terhapus oleh matinya arus listrik. Tetapi isi RAM
akan terhapus bila listrik mati.
Sementara itu,
dalam mengoperasikan komputer yang ingin agar program, data dan hasil kerja
komputer dapat direkam dan dapat diambil lagi sewaktu-waktu. Oleh sebab itu
muncul pemikiran perlunya dibuat media penyimpanan, sebagai perpanjangan dari
fungsi memori.
Media
penyimpanan kini banyak jenisnya, contohnya adalah floppy disk, hard disk ,
CD-ROM.
FLOPPY DISK
Floppy disk
adalah media penyimpanan yang terbuat dari plastik mylar. Plastik tipis ini
dilapisi bahan magnetik dan dibungkus dalam sebuah jaket plastik pula.
Terdapat beberapa ukuran disket, yaitu 8
inci, 5¼ inci dan 3½ inci.
HARD DISK
Hard disk
disebut juga fixed disk. Tetapi istilah Fixed Disk menjadi tidak tepat, karena
kini sudah muncul Removable Hard Disk. Kata hard disk menunjuk pada bahan
disknya yang memang keras. Kalau floopy disk dibuat dari plastik mylar, maka
hard disk dibuat dari alumunium dan dilapisi bahan magnetik.
Hard disk
merupakan media penyimpanan yang paling handal. Keunggulan hard disk dibanding
floopy disk adalah pada kecepatann dan kapasitasnya. Dengan bahan dasar yang
kuat, maka hard disk dapat diputar lebih cepat. Demikian pula lapisan magnetik
lebih kompak dan padat.
CD-ROM
CD-ROM ( Compact
Disk Read Only Media ) merupakan salah satu terobosan baru dalam bidang media
penyimpanan. Bahan piringan CD-ROM adalah plat alumunium yang dilapisi bahan
semacam chrome yang mengkilat. Disini tidak dipakan bahan magnetik, melainkan
bahan yang memantulkan cahaya.
Dibandingkan
dengan hard disk, kecepatan kerja CD-ROM lebih lambat lima kali. Hal ini karena
cara pengalamatannya yang mirip dengan cara sekuensial.
CD-ROM tepat
untuk digunakan dalam penyimpanan data yang sifatnya permanen, misalnya data
base perpustakaan, bank data dan lain-lain data yang tidak terlalu sering
di-update.
MENGENAL STRUKTUR DATA DAN PENYAJIAN DATA DALAM
KOMPUTER
Salah satu hal
penting yang tidak dapat ditinggalkan dalam pemakaian komputer adalah data.
Data dapat diperoleh dari berbagai sumber. Ia dapat diperoleh sebagai hasil
pengukuran di laboratorium, dari hasil survei, angket dan lain-lain. Dengan
berbagai macam cara, data ditransformasi menghasilkan informasi.
Informasi sangat
penting, karena memberikan dasar bagi pembuatan keputusan yang mantap dan
ilmiah.
Dalam lembaga
dan organisasi, baik bersifat komersial ataupun industrial, bahkan organisasi
yang bagaimanapun bentuknya, data dipandang sebagai suatu kekayaan yang penting
dan mahal. Memang, kadang-kadang data sulit diperoleh.
Data yang kita
miliki, terdiri dari berbagai jenis. Untuk mengelola data yang bermacam-macam
jenis tersebut secara baik guna menghasilkan informasi pengetahuan mengenai
struktur data.
STRUKTUR DATA
Struktur data
adalah suatu koleksi/kelompok data yang dapat dikarakterisasikan oleh
organisasi serta operasi yang didefinisikan terhadapnya.
Struktur data
sangat penting dalam sistem komputer. Terhadap setiap variabel dalam program,
secara eksplisit atau implisit, didefinisikan struktur data yang akan
menentukan operasi-operasi yang berlaku terhadap variabel tersebut.
Struktur data
yang dibicarakan ini merupakan struktru data logik. Bukan penyajian secara
fisik pada storage.
Pada garis
besarnya, data dapat kita kategorikan menjadi :
- Data Type :
- Tunggal, misalnya : Integer,
Boolean serta karakter
- Majemuk, misalnya : String
(untai).
Data type ini
dengan berbagai cara tertentu dapat diorganisasikan menjadi struktur data.
-
Struktur Data.
·
Sederhana, misalnya : Array dan
Record
·
Majemuk, terdiri atas :
-
Linier, misalnya : Stack,
Queue, Linear Linked List
-
Nonlinier, misalnya : Binary
Tree, Binary Search Tree, M-way Search Tree, General Tree, Graph.
0 komentar:
Posting Komentar